Parlemen Eropa Kagumi Kesahajaan Indonesia

 SEMARANG - Masyarakat Indonesia dinilai cukup berhasil mengemas keberagamannya dengan baik. Negara yang memiliki penduduk muslim terbesar tapi begitu indah dalam menjaga demokrasinya.


Hal itu diungkapkan oleh, perwakilan parlemen dari Eropa Martin Russel saat berkunjung ke Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT), Rabu (26/7/2017). Selain Martin dalam kunjungan tersebut juga diikuti oleh 9 parlemen dari Eropa lainnya.

Menurut dia, masyarakat Eropa perlu belajar banyak tentang pengembangan pluralisme di Indonesia. "Kita lihat Myanmar dan India yang jumlah sukunya relative kecil, tapi kedua Negara ini sering diguncang konflik antar etnis dan agama," katanya saat sesi dialog.

Alberto Turkstra dari NGO Belanda mengakui, meski agama di Indonesia sangat pluralistik, tapi masyarakatnya dapat saling hidup berdampingan.

Di Belanda, protestan 16 %, Islam 5 persen, dan separoh lebih tidak beragama. "Belanda pun patut belajar tentang masalah mengelolaan agama di Indonesia," tambahnya.

Sesepuh MAJT KH Ali Mufiz MPA menegaskan kerukunan antar umat beragama di Indonesia dapat terjalin dengan baik meski memiliki 714 suku dan 17 ribu pulau berkat Pancasila.

Dia mengaku, kunci dari keberagamaan menjadikan perbedaan keyakinan bukan sebagai penghalang dalam merajut kerukunan dan persaudaraan.

Menurut dia, MAJT memberi kontribusi nyata dalam merawat kehidupan keagamaan ini. Sehingga, secara terus menerus menjadi pusat kunjungan internasional, bila terkait dengan studi banding kehidupan beragama. Termasuk Parlemen Eropa ini merupakan kunjungan ke empat serta akhir pekan lalu dikunjungi Dubes Tiongkok.

"Seluruh masjid di Indonesia termasuk MAJT mengembangkan Islam yang toleran. Bahkan, MAJT juga menjadi pusat destinasi wisata religious dan kebudayaan selain juga menjadi pusat pendidikan dan kajian keilmuwanan," pungkasnya.
(nag)

 

 

 

About

Imagine yourself dwelling in a world of super fast website building capacity. You just see it fully grown up even before you feel that you have just started building it!

Contact For Ads

  • Indonesia Bagian Barat :
  • Jalan Merapi Blok B4 No 48
  • Bukit Permai Cibubur - Jakarta Timur
  • Mobile : 0811 979 988 / 0813 1488 8999
  • Indonesia Bagian Timur :
  • Shopping Arcade 07
  • Apartemen Soekarno Hatta, Jl. Soekarno Hatta No 2
  • Jatimulyo - Lowokwaru, Kota Malang
  • Ph. +62 31 475905, Fax. +62 31 475907

Connect with us